Kakek Usia 100 Tahun Selesaikan Lari Maraton

Posted by Togog on Sunday, October 23, 2011

Sangat luar biasa, Fauja Singh, seorang kakek berusia 100 tahun, berhasil menyelesaikan lari maraton. Meski kelelahan, Fauja Singh sukses menyelesaikan lari sejauh 42 kilometer. Kakek ini merupakan salah satu peserta pada kejuaraan Scotiabank Toronto Waterfront Marathon.

Fauja Singh, sebenarnya hampir putus asa dan tidak mau meneruskan perjalanannya. Dalam pikirannya, dia sudah hendak menyerah dan berhenti berlari setelah berlari tidak putus-putus selama 6 jam. Namun, keteguhan hatinya membuat dia tetap bertekad menyelesaikan perlombaan ini. Akhirnya, dia berhasil menyusuri jalur lomba seutuhnya. Waktu yang ditempuhnya 8 jam dan 25 menit.

Singh yang tidak pernah berlatih berlari hingga usianya mencapai 80 tahun tampaknya akan dicantumkan dalam rekor Guinness sebagai pelari maraton tertua di dunia.

Lelaki kelahiran 1 April 1911 ini mengaku menyukai olahraga lari sejak menjadi petani di Punjab, India. Namun dia baru menekuni olahraga ini setelah pindah ke Inggris.

Hingga kini dia berlatih dengan berlari sejauh 16 km setiap hari. Saat ditanya resep kebugaran dan kekuatan fisiknya, Fauja tak segan berbagi rahasia. "Saya makan kari jahe dan minum teh sebanyak-banyaknya setiap hari. Saya bukan orang terpelajar. Bagi saya, rahasia hidup bahagia adalah suka beramal, hidup sehat dan berpikir positif," katanya.

"Jika ada orang bilang saya harus berhenti berlari, saya akan abaikan mereka. Rahasia panjang umur dan hidup sehat adalah bebas stres," imbuhnya. "Buat apa mengkhawatirkan hal yang tidak bisa kita ubah? Bersyukurlah atas apapun yang kita miliki, jauhi orang yang negatif, dan selalulah tersenyum dan terus berlari."

Dia mulai aktif mengikuti lomba lari maraton sejak berusia 89 tahun. Kini dia sudah berkompetisi dalam tujuh lomba lari maraton internasional. Lima kali di London, sekali di Toronto, Kanada, dan sekali di New York, Amerika Serikat.

Saat ini Fauja Singh adalah pemegang rekor dunia untuk pelari maraton untuk usia 90 tahun ke atas. Catatan waktunya lima jam 40 menit yang dicapainya saat mengikuti maraton Toronto.

Fauja Singh tersenyum. (AP Photo/The Canadian Press/Yahoo! US-Chris Young)

fauja singh

Fauja Singh mengikuti kejuaraan lari maraton di Toronto, Kanada pada 13 Oktober 2011 pekan lalu. (AP Photo/Canadian Press/Yahoo! US-Chris Young)

fauja singh

Meski tidak juara, medali disematkan untuk Fauja Singh sebagai tanda keikutsertaannya di kejuaraan maraton Waterfront, Toronto. (AP Photo/The Canadian Press/Yahoo! US-Frank Gunn)

fauja singh

Fauja Singh tercatat di buku rekor dunia Guiness sebagai pria tertua yang berhasil menyelesaikan kejuaraan lari maraton resmi. (AP Photo/Scotiabank Toronto Waterfront Marathon/Yahoo! US)

(AP Photo/The Canadian Press/Yahoo! US-Chris Young)

fauja singh

(AP Photo/The Canadian Press/Yahoo! US-Chris Young)

fauja singh

Meski lelah, tetap gembira. (AP Photo/The Canadian Press/Yahoo! US-Chris Young)

Sumber: Yahoo! News Kakek Tangguh Lari Maraton

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment