Serbuan Maut (The Raid)

Posted by Togog on Friday, February 11, 2011

Setelah film perdananya, drama-action Merantau pada bulan Agustus 2009 "sukses" di perfilman nasional dan internasional, Merantau Films berencana akan kembali memproduksi film action dengan judul Berandal yang kembali dibintangi oleh aktor bela diri Iko Uwais dan Yayan Ruhian, dan kolaborasi dengan beberapa aktor action internasional. Film yang rencananya bertema geng kriminal penjara dalam skala besar.

Berandal film penjara dan gangster yang pada awalnya dimaksudkan untuk menjadi film follow-up Iko setelah Merantau terus berlangsung. Tetapi, Tetapi semakin budget dan skala produksi Berandal mengembang, skala budget film di Indonesia makin mengecil. Kebutuhan dan situasi di lingkup internasional -- yang terbukti lebih kompleks -- juga embutuhkan waktu lebih panjang dari yang kita antisipasikan. Maka agenda produksi Berandal terpaksa ditunda.

Tapi para penggemar jangan terlalu kecewa dulu, produser Ario Sagantoro, sutradara Gareth Evans dan kedua aktor bela diri, Iko Uwais dan Yayan Ruhian mempersiapkan gantinya -- yang berbeda dari Berandal maupun Merantau -- sebuah action-thriller dengan kombinasi adegan-adegan seperti pada film Die Hard dengan Assault On Precinct 13 berjudul Serbuan Maut, atau THE RAID dalam bahasa Inggrisnya.

----------------------------

Sinopsis Serbuan Maut (The Raid) oleh Gareth Evans:

Sekelompok tim SWAT yang tiba di sebuah blok apartemen kumuh dengan misi menangkap pemiliknya - seorang raja bandar narkotik bernama Tama. Blok ini tidak pernah digerebek atau pun tersentuh oleh Polisi sebelumnya. Sebagai tempat yang tidak dijangkau oleh pihak berwajib, gedung tersebut menjadi tempat berlindung para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri yang mencari tempat tinggal aman.

Mulai bertindak di pagi buta, kelompok SWAT diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki dengan mantap. Tetapi ketika mereka terlihat oleh pengintai, penyerangan mereka terbongkar.

Dari penthouse suite-nya, Tama memerintahkan untuk mengunci gedung apartemen dengan memadamkan lampu dan menutup semua jalan keluar. Terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh Tama, tim SWAT harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka dan bertahan hidup.

Tahap produksi

Serbuan Maut (The Raid) saat ini sedang  tahap pengembangan, dimana koreografer dan aktor Iko Uwais dan Yayan Ruhian sedang dalam proses membuat koreografi fighting dan tes kamera. Tahap pengembangan ini akan terus berlangsung sampai pre-produksi pada awal tahun 2011 ini. Kegiatan shooting sendiri akan dimulai pada pertengahan bulan Maret 2011 di Jakarta.

Pada produksi kedua Merantau Films ini, sebagai Eksekutif Produser adalah Merantau Films berkolaborasi bersama XYZ Films, sebuah perusahaan penjualan film dan produser di Los Angeles, Amerika.

XYZ Films didirikan oleh Nate Bolotin, Nick Spicer, dan Aram Tertzakian. Pendiri Twitchfilm.com dan Editor-In-Chief Todd Brown bergabung dengan XYZ Films pada tahun 2009 sebagai partner. Produksi XYZ Films yang sedang berjalan termasuk Ole Bornedal’s “Death of Hostess”, action-thriller “Land of The Free” yang akan disutradarai Ric Roman Waugh, film Heist dengan Darren Aronofsky, dan crime thriller tentang pemberontak otomotif John DeLorean dengan Alex Holmes.

--------------------------

Nah, bagaimana teman-teman? Menarik kan? Ceritanya sederhana, tapi bisa menjanjikan adengan seru dan menegangkan ala Die Hard. Saya pribadi berharap film ini bisa seperti Taken-nya Liam Neeson, memberikan "gaya perkelahian yang baru".

Tetapi, masih ada yang mengganjal dari sinopsis di atas, yaitu penggunaan Tim SWAT (Special Weapons and Tactics), tim elit paramiliter taktis kepolisian Amerika. Yah, mungkin yang dimaksud oleh Gareth Evans adalah tim elit kepolisian Indonesia yang memiliki peran seperti SWAT-nya Amerika.

Kita doakan saja, semoga film ini bisa sukses dan mengangkat perfilman indonesia, khususnya film action, dan Pencak Silat di dunia Internasional. Buat yang ingin mengikuti perkembangannya, silahkan kunjungi http://serbuanmaut.blogspot.com/ (bahasa Indonesia) atau http://theraid-movie.blogspot.com/ (bahasa Inggris)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment